EVENT : “PT. Cigading Habeam Centre Mendukung Pelatihan Dasar SDM DPP HIKKAPI dan DPD HIKKAPI Bekerjasama dengan Dirjen Perkeretaapian”

SEMARANG - PT. Cigading Habeam Centre (CHC) mendukung HIKKAPI (Himpunan Kontraktor Perkeretaapian) bekerjasama dengan Dirjen Perkeretaapian mengadakan seminar dan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan tema “Pelatihan Dasar SDM Perakitan Jembatan Kereta Api”.

Acara berlangsung di Gumaya Tower Hotel, Semarang, Selasa (20/5) kemarin, diikuti sebanyak 130  kontraktor yang telah lama berkecimpung dalam pembangunan infastruktur perkeretaapian di seluruh Indonesia. Juga dihadiri Direktur Lalu Lintas, Hanggoro, Sekjend HIKKAPI Pusat, Hari purwanto, dan Direktur Prasarana Perkeretaapian, Arief Heryanto serta pejabat lainnya.

Dalam acara dipaparkan secara teoritis tentang perakitan dan pemasangan jembatan KA, berikut semua peserta diajak untuk praktek langsung pemasangan TC Bolt yakni semacam baut yang menjadi salah satu elemen paling penting dalam merakit dan membangun jembatan KA. Praktek lapangan dilakukan di stasiun Alas Tua Semarang.

Pembangunan jembatan KA sendiri bertujuan untuk memenuhi salah satu program pemerintah di bidang transportasi yakni transportasi massal yang murah dan dapat menjangkau seluruh wilayah. Struktur dan pemasangan jembatan kereta api memiliki perlakuan khusus yang berbeda dengan standar jembatan yang dipergunakan di jalan raya.

“Pemahaman yang benar dan ketrampilan teknis yang tinggi, syarat mutlak dalam merakit dan membangun jembatan KA, karena jembatan KA mempunyai struktur khusus dan berbeda dari jembatan moda transportasi lainya,” ujar Dirjen Perkeretaapian, Hermanto Dwiatmoko selaku keynote speaker saat membuka acara.

Pelatihan ini bekerjasama dengan PT Cigading Hebeam Center (CHC) yang merupakan salah satu perusahaan yang sejak tahun 1983 berkecimpung dalam produksi pembuatan jembatan KA. ”Sebagai fabrikator kami merasa perlu mengambil peran untuk membantu memberikan pedoman bagi para kontraktor dan konsultan yang bergerak di bidang perkeretaapian dalam melakukan pemasangan jembatan KA yang baik dan sempurna,“ ujar Direktur Utama PT Cigading Habeam Center, Heru Pramono.

Adanya pelatihan dan praktek lapangan diharapkan para pelaksana dan pengawas dapat memahami proses produksi dan mempunyai pengetahuan yang lebih baik mengenai pedoman perakitan jembatan KA. ”Selain itu juga dapat memahami serta tepat dan benar cara perakitan dan pemasangan jembatan KA,” ujar Ketua DPP HIKKAPI , Abraham Mose.

 

Sumber : Panitia acara seminar PT. CHC, www.jawapos.co(2014)